Tautan-tautan Akses

Militer Irak dan Pasukan Shiah Masuki Hawija


Pasukan Shiah dari Shiite Popular Mobilization Forces (PMF) dan tentara Irak mengendarai kendaraan lapis baja di pinggiran Hawija, Irak, 4 Oktober 2017.

Tentara Irak dan anggota dari pasukan Shiah atau Shiite Popular Mobilization Forces (PMF) telah memasuki Hawija dalam sebuah operasi untuk mengusir ISIS dari basis kekuatan di Irak utara, kata komandan operasi lapangan kepada VOA.

“Pihak militer, polisi federal, pasukan tanggap cepat, serta pasukan Mobilisasi Populer kini sedang menyerang pusat Hawija,” kata Operasi Komando Gabungan Irak, mengutip Abdul Amir Rashid Yarallah, Komandan Operasi Hawija. Hawija terletak 210 kilometer utara dari Baghdad.

Irak mulai operasi untuk merebut kembali Hawija pada 21 September. Mereka berhasil merebut pangkalan udara Rashad yang berfungsi sebagai kamp pelatihan dan logistik untuk ISIS di kawasan tersebut pada Senin (2/10). Rashad terletak 30 kilometer selatan dari Hawija.

Komandan-komandan di lapangan memberitahu VOA bahwa serangan pada Rabu (4/10) bisa menjadi serangan sebelum ISIS terusir sepenuhnya. [jm]

XS
SM
MD
LG