Tautan-tautan Akses

AS

Militer AS Minta Maaf atas Cuitan Tentang Bom


Pesawat pembom B-2 Spirit di Pangkalan Angkatan Udara Andersen, di Guam, 24 Agustus 2016.

Komando Strategis AS (STRATCOM) minta maaf, Senin (31/12/2018), karena melontarkan guarauan tak lucu di Twitter yang berbunyi siap menjatuhkan sesuatu “yang lebih besar” daripada bola kristal Times Square pada malam Tahun Baru.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, dalam pesan yang diunggah di Twitter dan kemudian dihapus, komando militer yang mengontrol persenjataan nuklir AS merilis video pesawat pembom B-2 sedang menjatuhkan bom, disertai pesan: “Jika diperlukan, kami #siap menjatuhkan sesuatu yang lebih, lebih besar.”

Di tengah keheranan para pengguna media, STRATCOM, yang punya slogan “perdamaian adalah profesi kami,” kemudian mencuit permohonan maaf.

“Cuitan Malam Tahun Baru kami sebelumnya tidak baik dan tidak menggambarkan nilai kami. Kami mohon maaf. Kami berdedikasi pada keamanan Amerika dan para sekutu,” kata STRATCOM.

Seorang juru bicara STRATCOM kepada NBC News mengatakan bom dalam tayangan video bukan bom nuklir.

Sekitar satu juta orang diperkirakan mengikuti perayaan tahun baru di Times Square di New York. Sejak 1907, para pengunjung perayaan tahun baru disuguhi pertunjukan bola raksasa yang meluncur dari sebuah tiang. [ft]

XS
SM
MD
LG