Tautan-tautan Akses

Militan Serang Kantor Politik Mantan Kepala Intelijen Afghanistan, 20 Tewas


Anggota Pasukan Keamanan Afghanistan mengamankan lokasi pasca serangan di Kabul, Afghanistan, 29 Juli 2019.

Pihak berwenang Afghanistan mengatakan serangan bom mobil dan senjata api di Kabul telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai 50 lainnya.

Para pejabat dan saksi mata mengatakan beberapa pembom bunuh diri bersenjata berat menyerbu sebuah kompleks di mana terdapat kantor Tren Hijau Afghanistan (Afghanistan Green Trend/AGT), gerakan politik yang dipimpin oleh mantan kepala intelijen, Amrullah Saleh. Saleh juga merupakan calon wakil presiden dari tim Presiden Ashraf Ghani yang kini menjabat untuk pemilihan mendatang di negara itu.

Insiden tersebut terjadi hanya beberapa jam setelah Ghani dan Saleh menghadiri rapat umum di Kabul ketika masa kampanye untuk memilih presiden baru Afghanistan secara dimulai hari Minggu.

Serangan itu diawali dengan peledakan mobil yang sarat bom sehingga memungkinkan penyerang lain untuk memasuki kompleks. Pasukan komando Afghanistan dengan cepat mengepung daerah itu dalam upaya mereka untuk menaklukkan para penyerang.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Kabul telah diguncang oleh serangkaian serangan dalam beberapa hari terakhir, yang diklaim oleh Taliban maupun oleh loyalis ISIS. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG