Tautan-tautan Akses

Militan Serang Kantor Politik Bekas Kepala Intelijen Afghanistan


Seorang personel keamanan mengamankan lokasi serangan di Kabul, Afghanistan, Minggu, 28 Juli 2019.
Seorang personel keamanan mengamankan lokasi serangan di Kabul, Afghanistan, Minggu, 28 Juli 2019.

Pihak berwenang Afghanistan mengatakan sebuah serangan bom mobil dan senjata api di Kabul telah menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai 25 lainnya.

Para pejabat dan saksi mata mengatakan beberapa pembom bunuh diri bersenjata menyerbu sebuah komplek yang di dalamnya terdapat kantor Tren Hijau Afghanistan (AGT), gerakan politik yang dipimpin mantan kepala intelijen negara itu, Amrullah Saleh. Saleh juga merupakan kandidat wakil presiden petahana Ashraf Ghani untuk pilpres mendatang.

Insiden itu terjadi hanya beberapa jam setelah Ghani dan Saleh menghadiri sebuah rapat umum pemilu di Kabul ketika kampanye pilpres Afghanistan resmi dimulai Minggu (28/7).

Serangan itu dimulai saat salah seorang penyerang meledakkan sebuah bom berisi bahan peledak, memungkinkan pelaku lainnya memasuki fasilitas itu. Pasukan komando Afghanistan segera mengepung kawasan itu untuk melumpuhkan para penyerang.

Belum ada yang mengklaim tanggung jawab atas serangan itu. Kabul sering mengalami serangan dalam beberapa hari terakhir, yang diklaim baik oleh Taliban maupun pendukung ISIS. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG