Tautan-tautan Akses

Militan MIT Diduga Bunuh 4 Warga Desa di Poso


Polisi memeriksa bangunan yang dibakar dalam serangan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/11/2020). (Foto: Courtesy/Humas Po

Para pejabat mengatakan lima terduga militan membunuh empat warga Desa Kalemago, Poso, Sulawesi Tengah. Para militan itu juga memenggal salah satu warga.

Para pelaku penyerangan juga membakar sepeda motor milik salah satu korban.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol. Didik Supranoto mengatakan seorang saksi mata mengatakan para penyerang diyakini anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur. Saat ini polisi dan militer sedang mencari para pelaku.

Tidak jelas mengapa penduduk desa menjadi sasaran.

Pada November, anggota Mujahidin Indonesia Timur membunuh empat orang dan membakar tujuh rumah di sebuah desa di Kabupaten Sigi.

Operasi keamanan di Sulawesi Tengah telah diintensifkan dalam beberapa bulan terakhir untuk mencoba menangkap anggota Mujahidin Indonesia Timur. Mantan pemimpin kelompok itu, Abu Wardah Santoso, tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan pada 2016.

Pihak berwenang telah bertindak tegas terhadap militan Islam sejak kasus Bom Bali pada 2002 yang menewaskan 202 orang, kebanyakan orang asing. [ah/au/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG