Tautan-tautan Akses

14 Migran Dirawat di Rumah Sakit Spanyol Setelah Diselamatkan


Polisi Spanyol mengawasi para migran yang baru tiba di pantai Pulau Canary, Spanyo, dengan perahu kayu, 23 November 2020.

Puluhan migran diselamatkan dari beberapa kapal di dekat Kepulauan Canary Spanyol. Pihak berwenang mengatakan, Rabu (17/3), 14 orang yang kebanyakan menderita hipotermia harus dirawat di rumah sakit.

Seorang bayi perempuan dalam kondisi kritis, sementara satu migran dilaporkan meninggal dan tubuhnya dibuang ke laut oleh migran lainnya.

Layanan Penyelamatan Maritim Spanyol menyelamatkan 84 penumpang dari dua kapal pada Rabu (17/3), dan 52 lagi dari kapal lainnya pada Selasa (16/3) malam, di dekat pulau Gran Canaria. Kapal lain itu terlihat di dekat pulau Lanzarote pada Rabu (17/3) ketika operasi penyelamatan sedang berlangsung.

Di antara warga Afrika sub-Sahara yang diselamatkan pada Selasa (17/3) malam di selatan pulau Gran Canaria, terdapat 29 perempuan dewasa dan sembilan anak dalam kondisi kesehatan yang buruk. Kepada tim penyelamat, kelompok itu menyatakan telah berada di laut di Samudra Atlantik selama lima hari.

Kepala Unit Darurat Palang Merah, Inigo Vila, mengatakan kepada Associated Press bahwa setelah turun, petugas medis Palang Merah segera melakukan upaya pertolongan pertama pada bayi perempuan.

Anak itu dalam kondisi kritis dan tiga perempuan lainnya dalam kondisi serius, kata departemen kesehatan setempat. Jumlah keseluruhan sembilan anak dan lima orang dewasa telah dirawat di rumah sakit.

Pada Rabu (17/3), tiga kapal migran lainnya terlihat di dekat Canaries oleh Layanan Penyelamatan Maritim Spanyol. Seorang juru bicara mengatakan penumpang di sebuah kapal yang ditemukan dengan 36 penumpang, kepada tim penyelamat menyampaikan bahwa satu orang lagi telah tewas selama perjalanan dan mereka telah membuang mayatnya ke laut.

Layanan Penyelamatan Maritim Spanyol sebelumnya telah menerima peringatan atas sekitar 200 orang di empat kapal migran yang berbeda. Tidak jelas apakah para migran yang diselamatkan pada Selasa (16/3) dan yang ditemukan Rabu (17/3) termasuk di antara migran yang mereka cari.

Kepulauan Spanyol di Samudra Atlantik telah menjadi jalur utama bagi migran Afrika Barat dan Maroko serta pencari suaka yang berusaha mencapai Eropa. [mg/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG