Tautan-tautan Akses

Microsoft Lampaui Apple 


Logo Microsoft di markas besar perusahaan teknologi multinasional AS di Issy-Les-Moulineaux, luar kota Paris, Perancis. (Foto: dok).

Taruhan besar Microsoft pada komputasi awan terbayar karena perusahaan itu melampaui Apple sebagai perusahaan publik dengan nilai tertinggi di dunia.

Prospek pembuat piranti lunak itu tampak suram beberapa tahun lalu, karena lisensi untuk sistem Windows buatan perusahaan itu anjlok seiring penurunan tajam penjualan komputer pribadi. Tetapi di bawah CEO Satya Nadella, Microsoft kembali stabil dengan berfokus pada piranti lunak dan layanan melalui internet, atau cloud, dengan kontrak bisnis jangka panjang.

Perusahaan yang berjaya dengan komputer pribadi pada tahun 1990an itu kini bangkit, sementara perusahaan itu menyalip Facebook, Google, Amazon, dan perusahaan teknologi lainnya dalam 10 tahun ini.

Apple menjadi perusahaan paling makmur di dunia sejak merebut posisi teratas Exxon Mobil pada awal dekade ini. Microsoft sempat melampaui Apple beberapa kali pekan ini, tetapi tidak menjadi yang teratas hingga hari Jumat, dengan nilai pasar 851 miliar dolar dibandingkan Apple, 847 miliar dolar. Microsoft tidak lagi menempati posisi teratas sejak dot-com berada pada puncaknya tahun 2000. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG