Tautan-tautan Akses

Meskipun Ada Perdamaian, Masih Jatuh Korban Di Kalangan Penduduk


ARSIP - Para pendukung berkumpul dalam sebuah rapat besar terkait perjanjian perdamaian yang baru dengan FARC mengusung bendera raksasa dalam sebuah pawai di Bogota, Kolombia tanggal 15 November 2016 (foto: REUTERS/John Vizcaino)

Meksipun perjanjian antara pemerintah dan pemberontak damai telah ditandatangani baru-baru ini, ratusan penduduk desa di Kolombia tewas atau mengungsi dari rumah mereka.

Menurut laporan baru Amnesty International, di samping perjanjian damai baru-baru ini antara pemerintah dan pemberontak ratusan penduduk desa di Kolombia tewas atau mengungsi dari rumah mereka.

“Menggusarkan, di banyak tempat di Kolombia konflik bersenjata masih hidup sebagaimana telah terjadi selama ini,” kata direktur Amnesty untuk wilayah Amerika Erika Guevara-Rosas. Ratusan ribu penduduk di seluruh negeri masih belum melihat perubahan dalam hidup mereka sejak perdamaian ditandatangani, katanya.

Belum ada tanggapan dari pemerintah Kolombia atas laporan Amnesty International itu, tetapi pejabat-pejabat Kolombia mengatakan kelompok-kelompok paramiliter sudah lama dibubarkan. [al]

XS
SM
MD
LG