Tautan-tautan Akses

Peru, Kolombia Pererat Hubungan Hadapi Trump


Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski (Foto: dok).

Presiden Kolombia dan Peru, Jumat (27/1) bertemu untuk membahas bagaimana kemungkinan dampak kepresidenan baru Donald Trump pada wilayah mereka.Keduanya menekankan pentingnya mempererat hubungan komersial dengan Chile dan Meksiko.

“Ada ketidakpastian di seluruh dunia,” kata Presiden Kolombia Juan Manuel Santos dan menambahkan solidaritas di antara kawasan mereka sendiri juga penting.

Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski menegaskan ucapan Presiden Kolombia dengan mengatakan ada kekuatan dalam persatuan.

“Saya yakin ada kesempatan besar bagi kita untuk memperluas hubungan kita untuk memperbaiki perdagangan, pertukaran kebudayaan dan lingkungan kita,” kata Presiden Peru Kuczynski.

Keputusan Trump untuk membentengi perbatasan Amerika dengan negara tetangganya Meksiko telah menyebabkan kecemasan di seluruh dunia.

Hari Kamis (26/1), Gedung Putih mengusulkan pajak impor 20 persen dari sekutu Amerika itu dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto langsung membatalkan kunjungannya minggu depan ke Washington.

Gedung Putih, Jumat (27/1) mengatakan Trump dan Pena Nieto setuju untuk membahas perbedaan mengenai tembok perbatasan sebagai bagian dari pembicaraan menyeluruh mengenai hubungan bilateral kedua negara.

Kedua pemimpin, Jumat (27/1), berbicara melalui telepon sekitar satu jam. [my/al]

XS
SM
MD
LG