Tautan-tautan Akses

Mesir Sambut Baik Penetapan 2 Kelompok Teroris oleh Amerika


Pasukan keamanan Mesir berjaga di pintu masuk hotel Bella Vista Hotel di Hurghada, resor di Laut Merah, Mesir, 9 Januari 2016. (Foto: dok). Mesir menyambut baik ditetapkannya Hamas dan Liwaa el-Thawra sebagai kelompok teroris global oleh Amerika. Keduanya kerap menarget aparat keamanan dan tokoh-tokoh masyarakat dalam aksi teror mereka di Mesir.

Mesir menyambut baik ditetapkannya dua kelompok militan yang menarget aparat keamanan dan tokoh-tokoh masyarakat sebagai kelompok-kelompok teroris oleh Amerika.

Departemen Luar Negeri Amerika menetapkan gerakan Hasm dan Liwaa el-Thawra sebagai kelompok teroris global, Rabu (31/1), yang memblokir aset apapun yang mereka mungkin miliki di dalam yurisdiksi Amerika dan melarang warga Amerika melakukan transaksi finansial dengan mereka.

Kementerian Luar Negeri Mesir, Kamis (1/2) menyatakan langkah tersebut merupakan perkembangan positif dan unjuk solidaritas dengan Mesir dalam melawan terorisme.

Pihak berwenang Mesir meyakini kedua kelompok tersebut adalah faksi-faksi pecahan Ikhwanul Muslimin, organisasi Islamis yang telah dilarang di Mesir sejak 2013. Amerika Serikat menyatakan kedua kelompok itu sebelumnya terkait dengan Ikhwanul.

Serangan-serangan militan meningkat sejak disingkirkannya Presiden Mohammed Morsi, tokoh senior Ikhwanul, oleh militer pada tahun 2013. [uh]

XS
SM
MD
LG