Tautan-tautan Akses

Jelang KTT G20, Merkel Serukan Pendekatan Baru bagi Afrika


Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara pada konferensi kemitraan G20-Afrika di Berlin, Jerman.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan pendekatan baru untuk bantuan dan investasi asing di Afrika, sebelum ia menjadi tuan rumah KTT G20 bulan depan. Apa yang disebut sebagai “Merkel-Plan” itu menyerukan memperbanyak investasi di Afrika sebagai cara menghentikan migrasi warga Afrika ke Eropa.

Pekan ini Menteri Luar Negeri Jerman Gerd Muller mengatakan ia khawatir 100 juta pengungsi dari benua Afrika mungkin akan datang ke Jerman jika tidak dilakukan sesuatu.

Kanselir Angela Merkel bertekad akan menanamkan investasi sekitar 335 juta dolar untuk menarik investor asing ke Afrika, dan akan berupaya meyakinkan ke-19 negara lain yang menghadiri KTT G20 untuk menunjukkan komitmen yang lebih besar pada negara-negara di benua itu yang perekonomiannya sedang bergelut.

Jerman telah mengidentifikasi empat negara sebagai fokus investasi yaitu Pantai Gading, Maroko, Rwanda dan Tunisia; tetapi juga telah melakukan diskusi dengan pemimpin negara lain di Afrika.

Kepala Program Diplomasi Ekonomi di Institut Urusan Internasional Afrika Selatan – Talitha Bertelsmann-Scott mengatakan Jerman telah bekerja keras untuk mengatasi masa kolonialismenya yang keras di Afrika dan tampil sebagai pemimpin bisnis.

KTT G20 akan berlangsung selama dua hari mulai 7 Juli mendatang di Hamburg. [em/al]

XS
SM
MD
LG