Tautan-tautan Akses

Menyuruh Atlet Pulang, Dua Pelatih Belarus Didepak dari Olimpiade


Krystsina Tsimanouskaya, pelari cepat dari Belarus, saat berlaga di nomor 100 meter putri di Olimpiade 2020.(Foto: AP Photo/Martin Meissner, File)
Krystsina Tsimanouskaya, pelari cepat dari Belarus, saat berlaga di nomor 100 meter putri di Olimpiade 2020.(Foto: AP Photo/Martin Meissner, File)

Dua pelatih Belarus telah dikeluarkan dari Olimpiade Tokyo atas dugaan berupaya memaksa seorang pelari untuk pulang ke negaranya. Insiden tersebut menuai kecaman internasional.

Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committe/IOC), Jumat (6/8), mengatakan telah mencabut akreditasi Artur Shimak dan Yury Maisevich. Keduanya telah meninggalkan perkampungan atlet Olimpiade.

Badan itu mengatakan pekan ini, pihaknya sedang menyelidiki kedua pelatih itu atas peran mereka dalam kasus pelari cepat Krystsina Tsimanouskaya, yang mencari perlindungan di bandara Tokyo agar tidak dipulangkan ke negaranya.

Ia mengatakan bahwa dia cemas akan nasibnya jika dipaksa kembali ke Belarus, yang didera pergolakan politik dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, setelah pemilu yang disengketakan. Pemilu itu mengembalikan orang kuat Alexander Lukashenko ke kekuasaan tahun lalu.

Tsimanouskaya adalah salah satu dari lebih 2.000 atlet Belarus yang menandatangani surat terbuka, yang menyerukan pemilu baru dan pembebasan tahanan politik.

Namun, masalah di Tokyo datang setelah ia mengirim tulisan di Instagramnya, yang mengkritik pelatihnya karena memasukkannya ke dalam perlombaan tanpa memberi tahu sebelumnya. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG