Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS Llyod Austin Terjangkit COVID-19


Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara kepada awak media di Pentagon, in Arlington, Virginia, pada 17 November 2021. (Foto: AP/Alex Brandon)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara kepada awak media di Pentagon, in Arlington, Virginia, pada 17 November 2021. (Foto: AP/Alex Brandon)

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Minggu (2/1) mengatakan ia terjangkit COVID-19. Perkembangan itu terjadi di tengah meningkatnya penyebaran varian Omicron yang sangat menular di seluruh AS.

Austin mengalami gejala "ringan" dan akan menjalani isolasi mandiri di rumah selama lima hari ke depan, kata kepala Pentagon itu dalam sebuah pernyataan.

Austin mengatakan ia telah divaksin penuh dan juga sudah menerima suntikan penguat (booster), yang "membuat infeksi jauh lebih ringan."

"Vaksin manjur dan akan tetap menjadi kewajiban militer bagi para tenaga kerja kami," kata Austin. "Saya terus mengimbau semua orang yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan booster."

Austin mengatakan ia terakhir kali kontak dengan Presiden Joe Biden pada 21 Desember, lebih dari seminggu sebelum ia mulai mengalami gejala. Pada hari itu Austin menjalani tes COVID-19 dan hasilnya negatif.

Ia tetap memegang kewenangan dan akan menghadiri pertemuan dan diskusi penting secara virtual "sebisa mungkin," katanya dalam pernyataan.

Austin adalah pejabat tinggi AS terbaru yang terjangkit COVID-19, sementara varian Omicron memicu lonjakan infeksi di Amerika. [vm/rs]

XS
SM
MD
LG