Tautan-tautan Akses

Menteri Keuangan Hong Kong Letakkan Jabatan


Menteri Keuangan Hong Kong, John Tsang (Foto: dok).

Menteri Keuangan Hong Kong telah meletakkan jabatan, langkah yang dipandang oleh banyak kalangan sebagai langkah pertama menuju usahanya untuk memperoleh jabatan tertinggi di kota itu.

John Tsang menyerahkan surat peletakan jabatannya hari Senin, kata pemerintah. Desas-desus telah santer selama ini bahwa Tsang yang berpendidikan Amerika itu akan berusaha memperoleh jabatan itu.

Pemimpin sekarang kota tersebut, kepala daerah Leung Chun-ying, mengumumkan pekan lalu, bahwa ia tidak akan berusaha memperoleh masa jabatan kedua, dengan alasan keluarga.

Tsang adalah pejabat Hong Kong yang kedua paling populer, dengan angka dukungan 62 persen, sementara Leung mempunyai angka negatif atau tidak mendukung 71 persen, menurut survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Universitas Hong Kong.

Masa jabatan Leung telah ditandai oleh protes-protes anti-Beijing. Ia juga telah dikecam oleh para aktivis Hong Kong atas sikap garis-kerasnya menentang para aktivis pro-demokrasi dan anggota legislatif. Ia dicurigai mempunyai hubungan yang erat dengan Beijing. Masa jabatan lima tahunnya akan berakhir bulan Juni.

Kekuatan pro-demokrasi di Hong Kong menjadi semakin khawatir Beijing sedang berusaha mengurangi kebebasan di wilayah itu, kebebasan yang telah berlaku sejak Inggris mengembalikan kekuasaan atas Hong Kong kepada China tahun 1997. [gp]

XS
SM
MD
LG