Tautan-tautan Akses

Menteri Kesehatan Brazil Positif COVID-19


Menteri Kesehatan Brazil Marcelo Queiroga menghadiri konferensi pers di Istana Planalto di Brasilia pada 29 Juli 2021. (Reuters/Adriano Machado)

Menteri Kesehatan Brazil Marcelo Queiroga dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa (21/9), beberapa jam setelah ia mendampingi Presiden Brazil Jair Bolsonaro ke Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor komunikasi pemerintah Brazil, Queiroga berada dalam kondisi yang baik dan akan menjalani karantina di Amerika Serikat. Dalam pernyataan yang sama juga disebutkan bahwa anggota lain dari delegasi Brazil pada lawatan ke New York tersebut sudah dites, dan hasilnya negatif.

Queiroga mengatakan kepada CNN Brazil bahwa ia terus memakai masker ketika berada di Gedung PBB.

Presiden Bolsonaro, yang dikenal skeptis terhadap vaksin COVID-19, menentang aturan PBB yang meminta semua orang yang menghadiri Sidang Umum agar divaksinasi. Bolsonaro dengan sombong menyatakan bahwa dia tidak mau divaksinasi.

Dalam pidatonya kepada para pemimpin dunia pada pertemuan di mana pandemi global virus corona menjadi agenda utama, Bolsonaro mengatakan pemerintahnya tidak setuju pada paspor vaksin. Sebaliknya, ia mendukung pengobatan dengan obat yang belum terbukti seperti obat antimalaria, hydroxychloroquine.

Dia menyatakan kampanye vaksinasi COVID-19 di negaranya berhasil dan bahwa semua orang dewasa yang ingin divaksinasi akan diinokulasi sepenuhnya pada November. [ka/ps]

Recommended

XS
SM
MD
LG