Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Kesehatan AS Mundur pasca Skandal Perjalanan Dinas


Menteri Layanan Kesehatan AS, Tom Price mengundurkan diri hari Jumat 29/9 (foto: dok).

Seorang anggota kabinet Presiden Donald Trump mengundurkan diri karena mencarter pesawat terbang mahal dan tidak mempergunakan penerbangan komersial.

“Menteri Layanan Kesehatan, Thomas Price menawarkan pengunduran dirinya hari ini dan Presiden telah menerima,” demikian pernyataan Gedung Putih Jumat (29/9) siang.

Pengunduran diri Price mulai berlaku tengah malam nanti, dan Deputi Asisten Menteri Don J. Wright akan mengambil alih sebagai pejabat menteri.

Sekitar sejam sebelum pengunduran diri itu, Trump mengatakan kepada reporter dia tidak senang dengan perilaku Tom Price, dan ditambahkannya, “Saya benar-benar tidak senang persepsi masyarakat yang dimunculkan akibat hal itu.”

Kata presiden, anggota-anggota kabinetnya hanya bisa menggunakan pesawat privat apabila mereka membayar sendiri.

Menteri Pendidikan Betsy DeVos, misalnya, adalah seorang milyarder, dan menggunakan pesawat pribadi untuk lawatan kerja, dan membayar biaya penerbangannya sendiri, demikian dilaporkan kementerian yang dipimpinnya.

Menurut media Politico, biaya pesawat pribadi yang dicarter oleh Tom Price semasa jadi menteri meningkat menjadi sekitar satu juta dolar. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG