Tautan-tautan Akses

Menlu Zarif Tuduh AS Berusaha Gulingkan Pemerintah Iran


Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menuduh Amerika berusaha melumpuhkan Iran dan akhirnya menggulingkan negara itu dengan menggagalkan perdagangan minyak internasionalnya.

Zarif, dalam wawancara yang disiarkan oleh stasiun televisi Amerika Fox News mengatakan, sebuah tim yang terdiri dari Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika John Bolton, serta para pemimpin Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sedang berusaha mendorong Presiden Trump ”melakukan konfrontasi yang tidak diinginkannya.”

Kata Zarif lagi, “Mereka berusaha melibatkan Amerika dalam perang, dengan tujuan setidaknya mengubah pemerintahan Iran.”

Tapi Bolton, yang muncul dalam jaringan televisi yang sama mengatakan, yang diinginkan Amerika bukanlah perubahan pemerintahan, tapi “perubahan tingkah laku,” khususnya menghentikan program nuklir dan percobaan misil balistik Iran.

Pemerintah Amerika belum lama ini menyatakan Garda Pengawal Revolusi Iran sebagai organisasi teroris, dan minggu lalu mengatakan akan mengakhiri pengecualian larangan impor bagi semua negara yang membeli minyak mentah Iran. (ii)

XS
SM
MD
LG