Tautan-tautan Akses

Menlu Rusia Lavrov Bertemu Utusan Iklim AS John Kerry


Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan utusan khusus urusan iklim AS John Kerry bertemu di Moskow hari Senin (12/7) untuk membahas berbagai masalah lingkungan.

Pertemuan itu merupakan bagian dari kunjungan empat hari Kerry ke Moskow di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia di AS. Kerry adalah pejabat tertinggi dalam pemerintahan Joe Biden yang mengunjungi Rusia sejauh ini.

Lavrov dan Kerry mengupayakan kesamaan pandangan menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB pada November 2021.

Dalam sambutan pembukaannya, Lavrov mencatat Rusia "sangat mementingkan" isu-isu perubahan iklim dan akan terus berkontribusi dalam pencarian sejumlah solusi secara kolektif.

Utusan Iklim AS, John Kerry
Utusan Iklim AS, John Kerry

Kerry mendorong pemerintah lainnya agar berkomitmen pada target yang lebih serius dalam upaya mengurangi emisi menjelang KTT global pada akhir tahun ini.

Ia juga menegaskan negosiasi mengenai iklim "benar-benar kritis, karena selain sangat penting juga mendesak" dalam beberapa pembicaraan mengenai masalah terkait perang dan senjata nuklir, saat menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Pemerintahan Biden telah mengupayakan kerjasama di bidang iklim walau terkadang memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan beberapa negara dalam masalah lainnya. [mg/jm]

XS
SM
MD
LG