Tautan-tautan Akses

AS

AS, China 'Berkomitmen untuk Bekerja Sama' Terkait Krisis Iklim


Utusan khusus AS untuk iklim John Kerry menghadiri konferensi pers pada Kamis, 11 Maret 2021 di Paris. (Foto: AP)

AS dan China "berkomitmen untuk bekerja sama" terkait isu-isu perubahan iklim yang mendesak, kata kedua negara itu dalam pernyataan gabungan Sabtu (17/4). Pernyataan itu disampaikan menyusul lawatan utusan khusus iklim AS, John Kerry, ke Shanghai.

"AS dan China berkomitmen untuk saling bekerja sama dan dengan negara-negara lain untuk mengatasi krisis iklim, yang harus ditangani dengan serius dan segera," kata pernyataan Kerry dan utusan urusan perubahan iklim Xie Zhenhua.

Kerry, mantan menteri luar negeri AS, adalah pejabat pertama dari pemerintahan Presiden Joe Biden yang mengunjungi China. Lawatan itu mengisyaratkan harapan kedua pihak bisa bekerja sama terkait tantangan global meskipun terdapat ketegangan dalam sejumlah bidang lain.

Pernyataan gabungan itu mencatat beberapa upaya kerja sama antara AS dan China, dua ekonomi terbesar di dunia. Bersama-sama, kedua negara itu menghasilkan separuh emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

Pernyataan itu menekankan akan "meningkatkan aksi masing-masing dan bekerjasama dalam berbagai proses multilateral, termasuk Konvensi Kerangka Kerja PBB terkait Perubahan Iklim dan Perjanjian Paris. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG