Tautan-tautan Akses

Menlu Iran Kunjungi India di Tengah Merosotnya Pendapatan Minyak


Menlu Iran Javad Zarif (kiri) bertemu Menlu India Sushma Swaraj di New Delhi, India, Selasa (14/5).

Menlu Iran Javad Zarif bertemu sejawatnya dari India di New Delhi, beberapa hari setelah India memutuskan untuk mematuhi pembatasan yang diberlakukan AS dalam hal pembelian minyak Iran.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan, Zarif melangsungkan diskusi dengan Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj untuk membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama, termasuk situasi yang berkembang di Afghanistan. Kementerian itu tidak merinci lebih jauh.

Iran adalah penyuplai minyak terbesar ketiga bagi India setelah Irak dan Arab Saudi. India membeli 23,6 juta ton minyak Iran pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2019.

Menghadapi situasi sulit karena tekanan AS, India mengatakan akan membeli minyak mentah dari negara-negara produsen minyak besar lainnya untuk melindungi kepentingannya.

Washington telah memperbaharui sanksi-sanksi terhadap Iran dalam usaha untuk memangkas besar-besaran pendapatan minyaknya, yang dituding AS digunakan untuk mendanai aktivitas-aktivitas yang menggangu kestabilan di dalam dan di luar Timur Tengah.

November lalu, AS memberi India -- dan tujuh negara lain – pengecualian untuk bisa terus mengimpor minyak dari Iran. Pengecualian itu berakhir awal bulan Mei ini. (ab)

XS
SM
MD
LG