Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton: Tidak Ada Krisis Hubungan AS-Israel


Walaupun ada perbedaan pandangan mengenai rencana perumahan Israel di Yerusalem Timur yang disengketakan.

Version:1.0 StartHTML:0000000105 EndHTML:0000004951 StartFragment:0000002780 EndFragment:0000004915

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan dia tidak melihat adanya krisis besar dalam hubungan Amerika-Israel, walaupun ada perbedaan pandangan mengenai rencana perumahan Israel di Yerusalem Timur yang disengketakan.

Clinton mengatakan hari Selasa Amerika Serikat dan Israel mempunyai ikatan yang erat dan tak tergoyahkan dan Amerika mendukung dengan mutlak keamanan Israel.

Clinton dan pejabat lain Amerika telah mengecam Israel karena pengumumannya pekan lalu untuk membangun 1600 unit rumah baru di Yerusalem Timur. Pengumuman itu telah menyulut ketegangan paling buruk Amerika-Israel dalam puluhan tahun.

Hari Selasa, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan Clinton mengharapkan telepon hari ini dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan jawaban resminya atas keprihatinan pemerintahan Obama mengenai rencana perumahan tersebut.

Crowley juga mengatakan utusan Timur Tengah Amerika George Mitchell menangguhkan misi ke kawasan itu karena pertentangan mengenai perumahan tersebut.

XS
SM
MD
LG