Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Bertemu Diplomat Senior Uni Eropa


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson (kiri), hari Kamis (9/2) bertemu dengan diplomat tertinggi Uni Eropa. (AP/Andrew Harnik)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, hari Kamis (9/2) bertemu dengan diplomat tertinggi Uni Eropa, Federica Mogherini ketika kedua pemerintahan kesulitan untuk menemukan landasan kuat karena dukungan presiden Amerika atas keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Tugas Mogherini hari Kamis adalah menguji hubungan Eropa dengan pemerintahan baru Donald Trump yang diawali dengan Tillerson, diplomat tertinggi Amerika.

Setelahnya, Mogherini menyebut pertemuan di Washington DC “membuahkan hasil” dan mengatakan Amerika Serikat dan Uni Eropa punya banyak isu dimana mereka ingin bekerjasama dengan erat.

Trump sebelumnya memuji rencana “Brexit” Inggris dan berkali-kali mengecam NATO dan lembaga Eropa lainnya. Trump juga memuji Presiden Rusia Vladimir Putin yang punya hubungan tegang dengan tetangga-tetangga Eropanya.

Selagi di Washington DC hari Kamis, Mogherini juga bertemu dengan anggota Kongres dan dijadwalkan bertemu dengan pejabat keamanan di Gedung Putih. [my/al]

XS
SM
MD
LG