Tautan-tautan Akses

Menlu AS Tiba di Roma untuk Bertemu Pemimpin Italia dan Paus


Menlu AS Antony Blinken (kanan) bertemu Menlu Italia Luigi Di Maio di Villa Taverna, kediaman Dubes AS di Roma, Italia, Minggu (27/6).

Perjalanan multinegara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Eropa membawanya ke Italia pada hari Minggu (27/6) untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Italia, Paus Fransiskus, para pemimpin Kelompok 20 dan para pejabat tingkat menteri.

Setelah mendapat sambutan hangat di Perancis dan Jerman, Blinken meninggalkan Paris pada hari Minggu menuju Roma, di mana ia bertemu dengan menteri luar negeri Italia, badan keamanan pangan PBB, dan para pejabat kedutaan besar AS. Blinken juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid di Roma, Minggu.

Menlu AS Antony Blinken (kiri) dalam pertemuan dengan Menlu Israel Yair Lapid di Roma, Minggu (27/6).
Menlu AS Antony Blinken (kiri) dalam pertemuan dengan Menlu Israel Yair Lapid di Roma, Minggu (27/6).

Blinken dan Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio akan memimpin pertemuan Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS di Roma pada hari Senin, ketika dia juga bertemu dengan Perdana Menteri Mario Draghi dan Presiden Sergio Mattarella untuk membahas perang saudara Suriah dan kebutuhan kemanusiaan di negara itu.

Departemen Luar Negeri mengatakan Suriah tetap menjadi perhatian besar, dengan puluhan ribu wanita dan anak-anak di kamp-kamp kemanusiaan yang berada dalam pengaruh para anggota kelompok teroris ISIS yang berusaha mengeksploitasi kamp-kamp di sana untuk merekrut generasi petarung berikutnya.

Juga hari Senin, Menlu Blinken akan berkunjung ke Kota Vatikan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus dan Uskup Agung Paul Gallagher. Di antara topik yang diperkirakan akan dibicarakan dengan Vatikan adalah perubahan iklim, perdagangan manusia dan penghapusan utang untuk negara-negara miskin. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG