Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Sadari Perbedaan Pendapat AS-Meksiko


Menlu Amerika Rex Tillerson (kiri) dan Menlu Meksiko Luis Videgaray berjabat tangan usai konferensi pers bersama di Mexico City, Selasa (23/2).

Menteri luar negeri Amerika Rex Tillerson mengatakan, Amerika dan Meksiko adalah "dua negara asing yang kuat yang dari waktu ke waktu akan mempunyai perbedaan pendapat". Ia mengatakan pembicaraannya dengan para pejabat di Mexico City "produktif dan berpengharapan."

Tillerson berbicara kepada wartawan bersama Menteri luar negeri Meksiko Luis Videgaray, yang mengatakan kedua belah pihak memiliki "perbedaan pandangan yang buruk" yang sebaiknya diatasi melalui dialog.

Dalam kunjungan itu Tillerson didampingi menteri keamanan dalam negeri John Kelly dan bertujuan menenangkan kemarahan Meksiko tentang kebijakan pemerintahan baru Amerika terhadap Meksiko.

"Kami membahas berbagai tantangan dan kesempatan dalam hubungan bilateral," kata Tillerson.

Presiden Donald Trump sebelumnya berbicara tentang hubungan antara kedua negara di Gedung Putih. "Kita akan mempunyai hubungan yang baik dengan Meksiko dan kalau kita tidak, tidak ada hubungan baik," kata Presiden Trump , sehari setelah juru bicaranya, Sean Spicer, menyebut hubungan bilateral antara keduanya "sehat dan kuat." [sp]

XS
SM
MD
LG