Tautan-tautan Akses

Menlu AS Imbau Anggota NATO Tingkatkan Anggaran Militer


Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson menyampaikan sambutan di hadapan para Menlu negara-negara anggota NATO di Brussels, 31 Maret 2017. (AP Photo/Virginia Mayo, Pool)

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson, yang bertemu dengan para menteri luar negeri anggota NATO, mengatakan hari Jumat di Brussel bahwa mereka harus meningkatkan anggaran pertahanan negara mereka.

Menteri luar Negeri Amerika tersebut mengatakan kepada para menteri luar negeri persekutuan itu,NATO harus mempunyai semua sumber daya, keuangan, dan lain-lain, yang diperlukan NATO untuk memenuhi misinya di tempat-tempat seperti Irak dan Suriah.

Sebelumnya hari Jumat, Tillerson mengatakan ia juga ingin membicarakan “agresi Rusia di Ukraina” dengan para sekutu NATO.

Setibanya di Brussels, menteri luar negeri Amerika itu mengatakan ia memandang tiga bidang penting untuk dibicarakan: sumber daya NATO untuk misinya, perang organisasi itu melawan terorisme, termasuk ISIS, dan posisi NATO di Eropa,” khususnya Eropa Timur sebagai tanggapan atas agresi Rusia di Ukraina dan tempat lain.

Komentarnya mengenai Moskow adalah yang paling keras dikeluarkan oleh pemerintahan Trump sejak memegang kekuasaan bulan Januari.

Kunjungan Tillerson ke Brussels diadakan satu hari setelah bertemu dengan para pejabat tinggi Turki di Ankara.

Ia menyebut Turki sekutu yang dipercaya setelah pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan para pemimpin lain Turki hari Kamis.

Tillerson menekankan pentingnya Turki dalam perang melawan ISIS. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG