Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berangkat Menuju Brazil, Argentina, Hadiri Pertemuan Menlu G20


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Bandara Internasional Nene Tereza di Tirana, Albania, pada 15 Februari 2024. (Foto: Armando Babani/Pool via Reuters)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Bandara Internasional Nene Tereza di Tirana, Albania, pada 15 Februari 2024. (Foto: Armando Babani/Pool via Reuters)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berangkat menuju Brazil dan Argentina pada Selasa (20/2) pagi. Ia akan mengadakan pembicaraan dan membina hubungan dengan para pemimpin yang berpikiran independen dari kedua negara tersebut, serta menghadiri pertemuan para menteri luar negeri kelompok 20 (G20) di Rio de Janeiro.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga diperkirakan hadir pada pertemuan G20, sehingga kemungkinan ia dan Blinken akan bertemu secara tatap muka, yang jarang terjadi antara keduanya.

Ini adalah kunjungan Blinken pertama ke Brazil dan Argentina sebagai menteri luar negeri AS. Blinken akan bertemu Presiden Brazil Luiz Inácio Lula da Silva di Brasilia dan Presiden Argentina yang baru dilantik Javier Milei di Buenos Aires untuk membahas masalah bilateral dan global.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan menekankan dukungan AS bagi kepresidenan Brazil di G20, Kemitraan AS-Brasil untuk Hak-hak Pekerja, kerja sama dalam transisi energi ramah lingkungan, dan peringatan 200 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Blinken juga berencana membahas Misi Dukungan Keamanan Multinasional di Haiti dengan mitra G20 di sela-sela pertemuan, menanggapi permintaan bantuan rakyat Haiti untuk memulihkan keamanan dan stabilitas di negara mereka.

Argentina merupakan salah satu negara dengan populasi Yahudi terbesar di Amerika Selatan. Menyusul kunjungan Milei ke Israel baru-baru ini, seorang pejabat senior AS mengatakan Blinken akan terlibat diskusi dengan Milei mengenai “jalan ke depan antara Israel dan Gaza.” Topik-topik lain yang menjadi agenda utama adalah mineral penting dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

G20, yang terdiri dari 19 negara termasuk G7, Uni Eropa, dan Uni Afrika, mewakili sekitar 85% PDB global, 75% perdagangan global, dan dua pertiga populasi global. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG