Tautan-tautan Akses

Menlu AS Angkat Wakil Khusus untuk Afghanistan-Pakistan


Dubes AS untuk Yordania kala itu, Alice Wells, berjabatan tangan dengan seorang pengungsi Suriah sebelum keberangkatan mereka ke AS (foto: AP Photo/Raad Adayleh)

Menteri LN Amerika, Rex Tillerson baru-baru ini mengangkat Alice Wells, seorang pejabat karier Dinas Luar Negeri (FSO), sebagai Wakil Khusus untuk Afghanistan dan Pakistan, seorang juru bicara memastikan kepada VOA, Kamis.

Duta Besar Wells, selaku penjabat Asisten Menteri Urusan Asia Selatan dan Tengah, akan bekerja untuk "memadukan" operasi dua kantor urusan itu.

Departemen Luar Negeri sedang di awal proses menentukan langkah-langkah birokrasi dan manajemen yang diperlukan.

Pengangkatan tersebut dilakukan tanpa banyak hura-hura sebab perhatian semakin terarah pada penutupan Kantor Perwakilan Khusus untuk Afghanistan dan Pakistan (SRAP), yang merupakan bagian dari rencana perampingan dan restrukturisasi Departemen Luar Negeri.

Kritikus mengatakan, hal itu memicu kebingungan tentang diplomasi AS di wilayah di mana hampir 10.000 tentara Amerika ditempatkan.

Wells mengambil alih tugas pada tanggal 26 Juni, menurut Departemen Luar Negeri.

Penunjukan tersebut juga datang pada saat pemerintahan Presiden Donald Trump sedang meninjau strategi AS untuk Afghanistan dan Pakistan.

Peninjauan atas "strategi Asia Selatan" mencakup kemungkinan menambah pasukan Amerika di Afghanistan dan mempelajari gagasan baru dalam hubungan Washington dengan Pakistan. [ps/al]

XS
SM
MD
LG