Tautan-tautan Akses

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson akan berangkat ke Kuwait hari Senin dalam usaha membantu menengahi persetujuan antara Qatar dan negara-negara tetangganya.

Kuwait telah berusaha menengahi penyelesaian antara kerajaan kecil di Semenanjung Arabia itu dan negara-negara tetangganya, tetapi tidak berhasil sejauh ini.

Tillerson bertemu dengan pejabat tinggi Qatar dan Kuwait bulan lalu dalam usaha mengakhiri konfrontasi yang meningkat itu, tetapi ia tampaknya akan memainkan peran yang lebih langsung dalam perundingan dengan kunjungannya ke Kuwait. Menteri Luar Negeri Amerika menekankan perlunya bagi semua pihak untuk menahan diri guna memungkinkan pembicaraan diplomatik yang produktif.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir telah mengenakan embargo perdagangan dan diplomatik terhadap Qatar. Kelompok yang dipimpin oleh Saudi itu telah menghentikan semua hubungan dengan Qatar dan telah menuduh negara yang kaya minyak itu mendukung kelompok-kelompok ekstrimis dan menggoyahkan kawasan tersebut, klaim yang telah dibantah oleh Qatar.
Negara-negara Teluk tersebut juga tidak menunjukkan kesediaan untuk melonggarkan ke-13 tuntutan mereka, yang antara lain mengharuskan Qatar menurunkan tingkat hubungannya dengan Iran dan menutup jaringan berita al-Jazeera yang didanai pemerintah Qatar. [gp]

XS
SM
MD
LG