Tautan-tautan Akses

Menlu AS akan Absen di KTT NATO


Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson tidak akan menghadiri KTT NATO di Brussels April mendatang (foto: dok).

Departemen Luar Negeri Amerika hari Selasa (21/3) mengukuhkan bahwa Menteri Luar Negeri Rex Tillerson tidak akan menghadiri KTT NATO di Brussels April mendatang. Namun, dia akan melakukan perjalanan ke Italia dan Rusia pada bulan yang sama untuk menghadiri pertemuan G-7.

Tillerson akan kehilangan kesempatan menghadiri pertemuan pertamanya dengan para menteri luar negeri dari ke-28 negara sekutu anggota NATO karena akan menghadiri pertemuan Presiden Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping di sebuah resor milik Trump, Mar-a-Lago, di Florida, demikian seperti dilaporkan koleh antor berita Reuters.

Para pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan Tom Shannon, penjabat wakil menteri luar negeri urusan politik dan mantan penjabat menteri, akan mewakili Amerika dalam pertemuan NATO itu.

Para pejabat Amerika mengatakan Tillerson akan bertemu dengan sebagian besar menteri luar negeri negara-negara anggota NATO pada hari Rabu ketika 'Koalisi untuk Mengalahkan ISIS' bertemu di Washington.

Presiden Trump Janauari lalu mengatakan NATO sudah “usang,” meskipun Wakil Presiden Mike Pence menyuarakan dukungan kuat Amerika bagi aliansi itu dalam jumpa pers di Brussels bulan lalu. [lt]

XS
SM
MD
LG