Tautan-tautan Akses

Menhan Ryamizard Ryacudu Terima Kunjungan Menhan AS


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta, 23 Januari 2018.
Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta, 23 Januari 2018.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis, Selasa (23/1), di kantor Kementerian Pertahanan, di Jakarta.

Dalam pertemuan itu kedua Menteri Pertahanan membahas berbagai hal, antara lain, visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, kerja sama bilateral dan multilateral di kawasan dalam Patroli Terkoordinasi Trilateral, dan kerja sama our eyes. Pertemuan juga membahas keamanan informasi militer (GSOMIA) dan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista), serta kebijakan maritim.

Menhan AS Bertemu Menhan RI Bahas Kerja Sama Pertahanan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:06 0:00

Indonesia dan Amerika sebelumnya sudah memiliki persetujuan kerjasama pertahanan, yaitu Joint Statement in Comprehensive Defence Cooperation, yang ditandatangani di Washington 26 Oktober 2015, saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat.

Selain bertemu Ryamizard Ryacudu, Mattis bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Wiranto.

Sebelumnya Mattis pada Senin (22/1) bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Dalam pertemuan itu Retno sempat membahas soal Palestina dan isu Indo Pasifik. [aw/fw]

XS
SM
MD
LG