Tautan-tautan Akses

Amerika berupaya terus memperkuat persekutuan internasionalnya, demikian kata pejabat pertahanan tertinggi negara it. Upaya ini adalah bagian penting dari strategi militer Amerika.

Menteri Pertahanan John Mattis mengatakan, “Sejarah menunjukkan, negara-negara dengan sekutu akan berkembang, sementara tanpa sekutu akan mengalami kemunduran.”

Komentar ini muncul sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan di Sidang Umum PBB bahwa kebijakan luar negeri Amerika kembali kepada prinsip kedaulatan.

“Saya akan selalu mengutamakan Amerika, sebagaimana juga Anda, sebagai pemimpin negara Anda akan selalu mengutamakan negara Anda terlebih dahulu,” kata Trump.

Trump juga membuat jengkel beberapa sekutu Amerika ketika berbicara tentang kebutuhan untuk menghancurkan total Korea Utara akibat uji nuklir dan misilnya, serta kemungkinan Amerika menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran.

Menhan Mattis ketika berbicara pada konferensi Udara, Antariksa dan Dunia Maya yang diselenggarakan oleh Air Force Association berbicara dengan nada berbeda. [jm]

Mattis juga menekankan kebutuhan bagi diplomasi yang efektif, khususnya dalam mengkonfrontir Korea Utara sehubungan program nuklir dan misilnya.

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG