Tautan-tautan Akses

AS

Menhan AS Janjikan Kolaborasi Erat dengan Korsel


Menteri Pertahanan AS, Mark Esper (kiri) dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo, (kanan), di kantor Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Seoul, 9 Agustus 2019.

Menteri Pertahanan Amerika, Mark Esper, Jumat (9/8) mengatakan, Amerika dan Korea Selatan sama-sama memiliki “visi Semenanjung Korea yang damai” dan menyatakan kedua negara bersekutu ini akan terus berkolaborasi mengenai Korea Utara dan isu-isu lainnya.

Dalam lawatan internasional pertamanya sejak dikukuhkan bulan lalu, Esper berbicara kepada media di Seoul setelah bertemu sejawatnya, Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo di tengah-tengah ketegangan yang meningkat di kawasan.

Esper mengatakan aliansi Washington-Seoul “kuat sekali” dan “sangat penting bagi perdamaian dan keamanan” di Asia Tenggara. Ia menambahkan kedua sekutu ini ingin memastikan “kesediaan pasukan gabungan untuk membela diri sambil juga menciptakan ruang bagi diplomasi.”

Washington dan Seoul tidak selalu memiliki hubungan sangat hangat dan tidak selalu sependapat mengenai cara menangani Korea Utara yang bersenjata nuklir. Namun Korea Selatan meningkatkan upaya-upaya untuk terhubung dengan Amerika mengenai Korea Utara, perdagangan dan isu-isu lainnya.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong mengatakan negaranya adalah sekutu terdekat Amerika dan menyebut tentang “berbagai perkembangan mendesak” baru-baru ini di kawasan. Jeong mengatakan peluncuran baru rudal balistik jarak pendek oleh Korea Utara di tengah-tengah upaya yang sedang berlangsung untuk mendenuklirisasi Semenanjung Korea tidak membantu mengurangi ketegangan di kawasan. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG