Tautan-tautan Akses

Menhan Amerika Kunjungi Pangkalan Amerika di Djibouti


Menhan AS James Mattis disambut oleh Menhan Djibouti Ali Hasan Bahdon setibanya di Bandara Internasional Djibouti-Ambouli di Ambouli, Djibouti, 23 April 2017.

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis berada di Djibouti, negara kecil di Afrika timur di mana terdapat satu-satunya pangkalan militer Amerika di benua itu.

Mattis tiba hari Minggu (23/4) di Camp Lemonnier sebelum mengunjungi Presiden dan menteri pertahanan Djibouti.

Para pejabat mengatakan Camp Lemonnier adalah salah satu daerah paling penting dalam strategi bagi militer Amerika Serikat karena letak geografisnya.

Pangkalan tersebut sangat penting bagi latihan dan operasi Amerika di benua itu, dan pasukan khusus Amerika menggunakan sarana itu untuk melakukan operasi anti-teror terhadap al-Shabab di tetangganya Somalia, menurut para pejabat.

Kunjungan Mattis ke Djibouti dilakukan kurang dari sebulan setelah Gedung Putih menyetujui usul Pentagon untuk mengizinkan kepala Komando Afrika melancarkan serangan terhadap militant al-Shabab di Somalia untuk membantu pasukan mitra.

Pengarahan baru itu membuka jalan bagi kehadiran yang lebih besar Amerika di lapangan dan pasukan Amerika lebih leluasa menyerang kelompok militant itu. Sebelumnya, Amerika menyerang al-Shabab dalam apa yang mereka sebut operasi “bela diri,” yang kata militer melindungi para penasehat Amerika yang beroperasi di darat bersama pasukan Somalia dan Misi Uni Afrika (AMISOM) di Somalia. [gp]

XS
SM
MD
LG