Tautan-tautan Akses

Mengincar Pasar Massal Mobil Listrik, Volkswagen Tambah Investasi


Volkswagen CEO Matthias Mueller berbicara di pembukaan Frankfurt Motor Show, di Frankfurt, Jerman, 11 September 2017.

Volkswagen memacu peralihan ke mobil listrik dan berencana menginvestasikan 20 miliar euro (24 miliar dolar) untuk memproduksi mobil tanpa emisi pada tahun 2030. Langkah ini untuk menyaingi pionir mobil listrik Tesla dalam menciptakan pasar produk masal, menurut laporan kantor berita Reuters.

Pembuat mobil terbesar dunia berdasarkan penjualan mengatakan Senin (11/9), akan memperkenalkan 80 mobil listrik baru di semua lini merek mobil pada tahun 2025, naik dari rencana sebelumnya 30 mobil. Volkswagen juga akan menawarkan versi mobil lisrik untuk setiap 300 model yang dibuat oleh perusahaan tersebut pada tahun 2030.

Perusahaan Jerman ini telah mengatakan akan menanamkan 10 miliar investasi pada 2025 untuk membiayai rencana mengembangkan mobil listrik.

Volkswagen lambat merangkul teknologi mobil listrik dan mobil swakemudi hingga dua tahun lalu ketika perusahaan ini mengaku melakukan kecurangan saat mengikuti tes emisi diesel Amerika Serikat.

“Perusahaan seperti Volkswagen harus memimpin, bukan mengikuti,” kata Kepala Eksekutif Matthias Mueller mengatakan kepada wartawan sehari menjelang Frankfurt auto show saat ia mengungkapkan Volkswagen Grup “Peta Jalan E.”

“Kami sedang bersiap membuat terobosan akhir untuk e-mobilitas.”

I.D. model keluaran VW akan bersaing dengan mobil mewah keluaran Tesla, sedan Model 3 yang dijual seharga 35.000 dolar untuk konsumen umum.

Mueller mengatakan kepada Reuters TV bahwa VW tidak perlu menjual aset-asetnya untuk membiayai peluncuran mobil listrik. [fw/au]

XS
SM
MD
LG