Tautan-tautan Akses

Mengapa Gempa di Maroko Begitu Mematikan?


Petugas penyelamat melanjutkan operasi penyelamatan di daerah pegunungan Tizi N'Test, di provinsi Taroudant, salah satu daerah paling parah di Maroko yang dilanda gempa, Senin 11 September 2023.
Petugas penyelamat melanjutkan operasi penyelamatan di daerah pegunungan Tizi N'Test, di provinsi Taroudant, salah satu daerah paling parah di Maroko yang dilanda gempa, Senin 11 September 2023.

Gempa bumi yang mengguncang sebagian besar wilayah Maroko telah menyebabkan korban cedera dan tewas di banyak provinsi, termasuk Marrakesh, Taroudant dan Chichaoua. Pusat gempa berada di Pegunungan Atlas, sekitar 70 kilometer selatan Marrakesh di provinsi Al Haouz.

Seismolog atau ahli gempa bumi Richard Walker dari University of Oxford mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan gempa di Maroko pada Jumat lalu (8/9) begitu mematikan.

“Gempa bumi ini terjadi di wilayah yang jumlah penduduknya relatif besar dan jenis bangunannya rentan terhadap guncangan gempa. Jadi, konstruksi bangunannya khas pedesaan yang menggunakan bata tanpa perkuatan,” jelasnya.

“Satu fakta penting juga adalah bahwa gempa terjadi pada malam hari, lewat jam 11 malam waktu setempat, ketika orang-orang berada di rumah dan sudah tidur. Jadi, banyak orang terjebak di dalam reruntuhan."

Badan Survei Geologi Amerika Serikat menyatakan belum pernah ada gempa bumi yang lebih kuat dari 6,0 skala Richter dalam radius 500 kilometer dari pusat gempa pada Jumat itu, setidaknya dalam satu abad terakhir.

Lebih dari 60 tahun yang lalu, bagian pantai barat negara itu juga pernah diguncang gempa berkekuatan 5,8 skala Richter yang menewaskan lebih dari 12.000 orang dan meruntuhkan kota Agadir di barat daya Marrakesh. Bencana itu kemudian mendorong adanya perubahan peraturan mengenai tata bangunan di Maroko. Namun, masih saja banyak bangunan yang tidak tahan gempa, terutama rumah-rumah di pedesaan.

Maroko bagian utara lebih sering mengalami gempa bumi, termasuk gempa berkekuatan 6,4 skala Richter pada tahun 2004 dan berkekuatan 6,3 skala Richter pada tahun 2016.

Tahun ini, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Suriah dan Turki, yang menewaskan lebih dari 21.600 orang.

“Jika dibandingkan dengan Turki, retakan akibat gempa Turki itu mencapai 350 kilometer. Jadi, kerusakannya tersebar di beberapa wilayah,” papar Remy Bossu, Kepala Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC).

“Skala bencananya jauh lebih besar di Turki. Tapi tetap saja, yang terjadi di Maroko adalah gempa bumi yang kuat,” lanjutnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan 300.000 orang terkena dampak gempa itu.

Kerusakan pasca gempa dahsyat di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023. (Foto: REUTERS/Abdelhak Balhaki)
Kerusakan pasca gempa dahsyat di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023. (Foto: REUTERS/Abdelhak Balhaki)

Dengan mengendarai truk dan helikopter, tentara Maroko dan tim SAR di sana tengah berjuang untuk mencapai kota-kota pegunungan terpencil yang hancur akibat gempa bumi dahsyat yang menewaskan lebih dari 2.400 orang itu.

“Ini jelas masa yang sulit, apalagi saat ini masyarakat sedang berusaha membersihkan reruntuhan. Tentunya jika terjadi guncangan lagi, sisa bangunan lainnya bisa saja runtuh,” jelas Bossu.

“Ini adalah masalah keamanan yang serius bagi tim penyelamat saat ini. (Warga) juga selalu disarankan untuk tidak kembali ke dalam rumah. Rumah-rumah tersebut telah rentan akibat gempa pertama, dan mungkin akan runtuh jika terjadi gempa susulan.”

Gempa Maroko terjadi akibat tabrakan lempeng tektonik Afrika dan Eurasia pada kedalaman yang relatif dangkal, sehingga menjadikannya semakin berbahaya. Gempa susulan juga telah terjadi di zona tersebut.

“Semua aktivitas seismik di kawasan Euro-Mediterania, mulai dari Portugal hingga Turki, terkait dengan lempeng tersebut. Lempeng Afrika bergerak ke utara dan bertabrakan dengan lempeng Eurasia,” tambah Bossu.

“Aktivitas seismik ini jauh lebih aktif di Turki dan Yunani. Sedangkan di bagian barat, aktivitasnya kurang aktif. Jadi, pergerakan lempeng biasanya hanya beberapa milimeter per tahun. Tapi, jika diakumulasikan selama berabad-abad, tentu saja pergeserannya menjadi signifikan. Itulah sebabnya ada aktivitas seismik aktif di seluruh wilayah di kawasan Pegunungan Atlas itu, karena terkait dengan pergerakan lempeng ke utara.”

Mengapa Gempa Maroko Begitu Mematikan?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:04:05 0:00

Seismolog Richard Walker mengatakan ini adalah “masa yang sangat kritis”.

“Orang-orang berusaha mencari mereka yang terkena dampak gempa, berusaha menemukan korban yang selamat. Semakin cepat hal ini dilakukan, semakin besar peluang kita untuk menemukan korban yang selamat,” ujarnya.

“Namun dampak gempa masih terus berlanjut. Akan banyak orang yang kehilangan tempat tinggal, kehilangan orang terdekat, terkena dampak buruk dari gempa ini, dan hal ini akan terus berlanjut sampai musim dingin tiba. Jadi, tahukah Anda, meskipun bencananya telah terjadi, dampaknya dan kebutuhan akan bantuan sebenarnya akan terus ada hingga beberapa bulan ke depan.” [br/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG