Tautan-tautan Akses

AS

Mendagri AS: Miliaran Dolar, Biaya Kebakaran di California Utara


Menteri Dalam Negeri, Ryan Zinke, kanan, menjawab pertanyaan awak media setelah meninjau kota Paradise, California yang dilanda kebakaran bersama Menteri Pertanian, Sonny Perdue, tengah, hari Senin, 26 November 2018 (foto: AP Photo/Rich Pedroncelli)

Biaya terkait kebakaran yang mematikan di California utara kemungkinan mencapai miliaran dolar, demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri Amerika Ryan Zinke hari Senin.

Zinke, yang kembali ke kota Paradise hari Senin, mengatakan ia tidak pernah menyaksikan kehancuran sebesar itu. Kebakaran itu menewaskan sedikitnya 85 orang.

Pemerintah Amerika telah mendistribusikan bantuan lebih dari 20 juta dolar kepada orang-orang yang mengungsi akibat kebakaran besar di California Utara, ujar seorang pejabat Dinas Penanganan Bencana Federal (FEMA) hari Senin sementara ratusan petugas terus mencari kemungkinan masih ada korban.

Kebakaran besar, yang menghancurkan hampir 14.000 rumah di kota Paradise dan komunitas sekitarnya, sepenuhnya diatasi selama akhir pekan setelah berkobar lebih dari dua minggu.

Kepada kantor berita Associated Press, juru-bicara FEMA Frank Mansell mengatakan, 15,5 juta dolar digunakan untuk bantuan perumahan, termasuk kupon kamar hotel. FEMA juga membagikan 5 juta dolar bantuan untuk kebutuhan lain, termasuk biaya pemakaman.

Sementara itu, jumlah orang yang belum ditemukan turun dari 1.300 ke 200an hari Senin, menurut Sherif Butte County Kory Honea. Sedangkan jumlah relawan yang mencari orang hilang dan tewas berkurang menjadi sekitar 200 hari Senin dari 500 hari Minggu setelah banyak dari mereka yang dilaporkan hilang ditemukan selama akhir pekan. [ka]

XS
SM
MD
LG