Tautan-tautan Akses

AS

Menanti Cawapres Pilihan Joe Biden


Kandidat capres yang diusung Partai Demokrat, Joe Biden, berbicara tentang respons terhadap wabah virus corona di Wilmington, Delaware, AS, 12 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Calon wakil presiden yang akan dipilih oleh kandidat calon presiden Joe Biden untuk mendampinginya dalam pilpres pada November akan semakin penting dalam masa pandemi virus corona ini.

Biden telah berjanji akan menunjuk seorang perempuan sebagai calon wakil presidennya nanti.

Mantan presiden Barack Obama telah menyatakan dukungannya bagi pencalonan Biden, dan memuji mantan wakil presidennya itu sebagai “orang yang berpengalaman dan penuh empati.”

"Salah satu keputusan saya yang paling baik adalah memilih Joe Biden sebagai wakil presiden, dan ia telah menjadi kawan baik saya," kata Obama.

Sebagian analis mengatakan dengan adanya pandemi yang telah mengakibatkan penurunan kegiatan ekonomi yang luas, Biden harus memilih seorang wakil yang berpengalaman untuk menghadapi krisis ekonomi.

Joe Biden yang berumur 77 tahun itu mengatakan pilihannya sebagai calon wakil presiden sangat penting supaya ia bisa menggantikan presiden dengan segera kalau terjadi sesuatu pada presiden.

“Tidak ada negara yang bisa berhasil dalam abad ke-21 ini dengan tidak mengikutsertakan perempuan,” kata Biden. “Perempuan adalah separuh dari kekuatan otak dan kekuatan bangsa ini,” tambahnya. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG