Tautan-tautan Akses

Semakin tua sebagian besar orang cenderung berat badannya naik. Tapi itu bukan salah mereka, kata ilmuwan yang menemukan mekanisme biologis yang menyebabkan berat badan mereka bertambah pada usia pertengahan.

Pakar hormon Jay Chung mengatakan rata-rata kenaikan berat badan adalah 13 kilo atau lebih antara usia 20 sampai 50.

Chung, ketua laboratorium obesitas dan riset penuaan di Lembaga Nasional, Jantung, Paru-paru dan Darah dekat Washington DC, memimpin tim ilmuwan yang menemukan pesan enzim yang disebut DNA-PK pada usia pertengahan menyebar. Chung mengatakan DNA-PK itu menjadi terlampau aktif sementara usia kita bertambah.

"Seperti berusaha meningkatkan kecepatan sementara kaki menginjak rem" kata Chung. “Dan yang dilakukannya adalah mencegah pelepasan lemak dari perut kita dan mencegah pembakaran lemak oleh jaringan-jaringan seperti otot kerangka."

Cung menjelaskan bahwa DNA-PK yang sangat aktif itu menyebabkan orang secara bertahap kehilangan struktur kecil di dalam sel-sel mereka yang disebut mitochondria yang bertindak sebagai pusat listrik yang menghangatkan tubuh dan pada saat yang sama membakar lemak.

Dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, Chung dan rekan-rekannya menggambarkan peran DNA-PK dalam kenaikan berat badan diantara orang dewasa. Mereka melaporkan sedang menguji bahan yang berada dalam enzim itu, pada tikus. [my/jm]

XS
SM
MD
LG