Tautan-tautan Akses

Mantan Wartawan Foto AP, Kim Chonkil Meninggal Dunia


Salah satu foto karya Kim Chonkil saat Korea Selatan memberlakukan darurat militer pasca tewasnya Presiden Park Chung-hee akibat pembunuhan, 27 Oktober 1979. (Foto: AP/Kim Chinkil)

Mantan wartawan foto Associated Press Kim Chonkil, yang berhasil mengabadikan foto-foto transisi pemerintahan yang bergejolak di Korea Selatan – dari era kediktatoran menuju demokrasi – meninggal dunia dalam usia 89 tahun.

Putra Kim, Kim Kuchul, mengatakan ayahnya meninggal di New York hari Kamis (6/9) setelah mengalami masalah ginjal dan gangguan pernafasan.

Kim meliput di Korea Selatan bagi Associated Press selama hampir 40 tahun, hingga ia mengundurkan diri pada tahun 1989, masa membaiknya negara itu setelah kehancuran dalam Perang Korea pada tahun 1950-1953.

Kim akan dikenang lewat salah satu fotonya yang paling ikonik dalam sejarah Korea Selatan, yaitu foto Jenderal Park Chung-hee yang mengenakan topi tentara dan kacamata hitam, sedang memeriksa parade kadet militer di ibukota Seoul pada suatu hari di bulan Mei 1961, dua hari setelah merebut kekuasaan lewat kudeta.

Bagi sebagian besar warga Korea Selatan, itu merupakan saat pertama kali mereka melihat diktator anti-komunis yang kemudian memimpin negara itu selama hampir 20 tahun sebelum tewas dalam aksi pembunuhan pada tahun 1979. Park Chung-hee meninggalkan warisan beragam sebagai seorang pakar strategi ekonomi dan juga sosok kuat yang kerap menyiksa dan mengeksekusi para pembangkang. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG