Tautan-tautan Akses

KTT Ketiga Korsel-Korut Dijadwalkan Berlangsung Pertengahan September


Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri), berpose dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di desa perbatasan Panmunjom, di Zona Demiliterisasi, Korea Selatan, 27 April 2018. (Foto: dok).

Para pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan akan mengadakan pertemuan puncak ketiga mereka di Pyongyang dari 18-20 September.

Chung Eui-yong, penasihat keamanan nasional untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, mengumumkan tanggal itu hari Kamis (6/9) di Seoul, sehari setelah dia memimpin delegasi ke ibukota Korea Utara untuk menyelesaikan berbagai persiapan. Chung mengatakan Presiden Moon dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan memusatkan perhatian pada langkah-langkah spesifik untuk mencapai denuklirisasi.

Chung secara pribadi menyampaikan sepucuk surat dari Moon ke Kim dalam lawatan itu.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, mengeluarkan pernyataan hari Kamis bahwa Kim Jong-un “akan sepenuhnya menghapuskan bahaya konflik bersenjata dan kengerian perang di semenanjung Korea dan mengubahnya menjadi tempat lahirnya perdamaian tanpa senjata nuklir dan bebas dari ancaman nuklir.”

KTT ini akan merupakan yang ketiga antara Moon dan Kim tahun ini, dua sebelumnya diadakan di Panmunjon, desa gencatan senjata di zona perbatasan yang memisahkan Korea Utara yang otokratis dari Korea Selatan yang demokratis. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG