Tautan-tautan Akses

Mantan Tentara Transgender Korea Selatan Ditemukan Meninggal di Rumahnya


Sersan tentara Korea Selatan Byun Hee-soo berbicara dalam konferensi pers di Pusat Hak Asasi Manusia Militer Korea di Seoul, Korea Selatan, 22 Januari 2020. (Foto: dok).

Jasad mantan tentara pertama di Korea Selatan yang secara terbuka mengaku transgender ditemukan di rumahnya, Rabu (4/3). Ini terjadi lebih dari setahun setelah ia diberhentikan dari dinas militer aktif.

Menurut pihak berwenang di Cheongju, di Korea Tengah – yang terletak di sebelah selatan Seoul – beberapa petugas penyelamat mendatanginya untuk mengecek Byun Hee-soo yang berusia 23 tahun, setelah sejumlah konselor kesehatan jiwa tidak mendengar kabar darinya sejak 28 Februari.

Pihak berwenang mengatakan Byun telah meninggal selama beberapa hari, namun penyebab kematiannya belum diketahui. Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, klinik kesehatan mental setempat mengatakan bahwa Byun sempat mencoba bunuh diri tiga bulan lalu.

Sebuah pintu yang dibatasi oleh garis polisi terlihat di rumah almarhum transgender tentara Korea Selatan Byun Hee-soo di Cheongju pada 4 Maret 2021.
Sebuah pintu yang dibatasi oleh garis polisi terlihat di rumah almarhum transgender tentara Korea Selatan Byun Hee-soo di Cheongju pada 4 Maret 2021.

Byun diberhentikan bulan Januari tahun lalu – hanya dua bulan setelah menjalani operasi ganti kelamin di Thailand – karena Korea Selatan melarang transgender bertugas di militer. Ia mengajukan petisi kepada militer pada Juli lalu agar dapat bertugas kembali, namun petisinya ditolak.

Byun telah mengajukan gugatan hukum terhadap militer dengan bantuan Pusat Hak Asasi Manusia Militer Korea yang beralasan bahwa pemecatannya tidak konstitusional. Persidangan awal telah dijadwalkan bulan depan.

Departemen Pertahanan menyatakan belasungkawa atas kematian Byun. [lj/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG