Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Presiden AS George H.W. Bush Pulih dari Pneumonia


Mantan Presiden AS George H.W. Bush (92 tahun/kanan) dan istrinya Barbara Bush (foto: dok).

Mantan Presiden AS George H.W. Bush masih menderita pneumonia, tapi cukup sehat untuk keluar dari unit layanan intensif di sebuah rumah sakit di Houston. Isterinya, Barbara, telah diizinkan keluar dari fasilitas yang sama setelah dirawat karena mengidap bronkhitis.

Mantan Presiden AS George H.W. Bush, 92 tahun, kesulitan bernapas ketika dibawa ke RS Houston Methodist pada 14 Januari. Pekan lalu, dia bernapas dengan bantuan ventilator di ICU, tetapi para dokter mengangkat alat bantuan itu hari Jumat, dan hari Senin (23/1) membicarakan kemungkinan dia bisa segera pulang.

Dr. Amy Mynderse mengatakan dalam konferensi pers bahwa mantan presiden itu sudah bisa “duduk, menonton TV dan tidak sabar menunggu sup kerang favoritnya untuk makan siang.” Mynderse menambahkan, “dia menggunakan oksigen minimal, bercanda dan tertawa dengan para perawat dan dokter.”

Dr. Clint Doerr mengatakan Bush masih batuk-batuk tapi kondisinya terus membaik, dia bisa keluar dari rumah sakit hari Jumat atau pada akhir pekan.

Sementara itu istrinya, mantan ibu negara Barbara Bush, 91, yang dirawat di fasilitas itu karena bronchitis hari Rabu, sudah normal kembali kata Mynderse. Barbara diberitahu dia boleh pulang hari Minggu tetapi dia memilih untuk tinggal semalam lagi untuk penyembuhan dirinya dan agar dekat dengan suaminya, menurut juru bicara keluarga Jim McGrath.

Pernikahan pasangan itu selama 72 tahun adalah terlama dari semua pasangan presiden dalam sejarah AS, dan para dokter mengatakan mereka saling mendukung satu sama lain.

“Mereka memiliki rasa kasih sayang yang besar satu sama lain dan itu terlihat di sini,” kata Mynderse, menambahkan bahwa Barbara menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit di samping suaminya.

Bush, yang menjabat sebagai presiden dari 1989 sampai 1993, menderita penyakit Parkinson dan menggunakan skuter motor atau kursi roda untuk mobilitas. Dia pernah dirawat di RS tahun 2015 di Maine setelah jatuh di rumah liburannya pada musim panas dan tulang lehernya patah.

Dia juga pernah dirawat di Houston Desember sebelumnya selama sekitar seminggu karena sesak napas. Pada hari Natal 2012 dia dirawat di ICU karena batuk terkait bronkhitis dan isu-isu lain. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG