Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Presiden AS George HW Bush Dirawat di Rumah Sakit


Mantan Presiden AS, George H. W. Bush. (Foto: dok).

Juru bicara keluarga, Jim McGrath, mengatakan, Bush, presiden Amerika ke-41 dibawa ke rumah sakit akhir pekan lalu karena gangguan pernafasan.

Mantan presiden AS, George H.W. Bush sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Houston, Texas.

Juru bicara keluarga, Jim McGrath, mengatakan, Bush, presiden Amerika ke-41 dibawa ke rumah sakit akhir pekan lalu karena gangguan pernafasan. McGrath mengatakan, Bush menunjukkan perbaikan setelah perawatan yang diberikan dan sedang beristirahat menyusul sebuah prosedur untuk melindungi dan membersihkan saluran pernafasannya. Jubir itu juga mengatakan, Bush berada dalam kondisi stabil dan akan tinggal ICU untuk observasi.

McGrath menambahkan, istri presiden Bush, mantan ibu negara Barbara Bush, juga masuk rumah sakit yang sama pada Rabu (18/1)sebagai tindakan kewaspadaan setelah menderita keletihan dan batuk-batuk.

Bush senior yang berusia 92 tahun itu menderita Parkinson dan menggunakan kereta dorong bermotor untuk berkeliling di tempat kediamannya. Ia dilarikan ke rumah sakit dua kali pada 2014, yang pertama karena karena radang paru-paru dan lainnya karena gangguan pernafasan.

Bush juga sempat dirawat di negara bagian Maine pada 2015 akibat keretakan salah satu tulang di lehernya sewaktu berada di rumah musim panasnya.

Ia menjabat dua kali sebagai wakil presiden selama dua masa jabatan presiden Ronald Reagan sebelum akhirnya menjadi presiden dari tahun 1989 hingga 1993.

George HW Bush adalah ayah dari mantan presiden George W. Bush dan mantan gubernur Florida Jeb Bush, yang gagal meraih nominasi calon presiden dari Partai Republik pada 2016.

Kantor mantan presiden tersebut mengumumkan sebelumnya pada bulan Januari, ia dan istrinya, Barbara, tidak akan menghadiri acara pelantikan presiden Donald Trump, Jumat, karena alasan usia dan kesehatan. [ab/as]

XS
SM
MD
LG