Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Bush dan Bill Clinton Kunjungi Haiti


Kedua mantan presiden AS hari Senin mengawali kunjungan di Haiti dengan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rene Preval.

Mantan Presiden Amerika George W. Bush dan Bill Clinton melawat ke Haiti sebagai bagian dari upaya kedua tokoh itu meningkatkan bantuan dan investasi untuk menolong warga Haiti memulihkan kehidupannya dari gempa bumi bulan Januari.

Kedua mantan presiden itu hari Senin mengawali kunjungan bersama mereka di Haiti dengan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rene Preval di istana kepresidenan yang rusak parah di Port Au Prince. Bush dan Clinton dijadwalkan akan mengunjungi komplek tenda penampungan korban gempa yang kehilangan rumah dan mengunjungi sebuah pabrik.

Bush dan Clinton diminta Presiden Barack Obama untuk memimpin kampanye penghimpunan dana dan mengawasi usaha bantuan dan rekonstruksi jangka panjang di negara paling miskin di bumi belahan Barat itu. Yayasan Dana Haiti Clinton-Bush telah berhasil mengumpulkan dana bantuan jutaan dollar.

Secara terpisah, Bank Pembangunan Antar Amerika hari Senin mengumumkan pihaknya telah sepakat untuk menghapus hutang Haiti senilai 479 juta dollar. Uni Eropa juga diperkirakan akan memberi bantuan pembangunan senilai 1,36 Milyar dollar untuk Haiti pada tahun-tahun mendatang.

XS
SM
MD
LG