Tautan-tautan Akses

Mantan PM Inggris Tony Blair Kecam Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan


Mantan PM Inggris Tony Blair

Tony Blair, Perdana Menteri Inggris yang mengerahkan pasukan ke Afghanistan 20 tahun lalu setelah serangan 9/11, mengatakan keputusan AS untuk menarik pasukan dari negara itu telah membuat orang-orang yang memusuhi kepentingan Barat “bersorak sorai.”

Dalam esai panjang yang diposting di situsnya Sabtu (21/8) malam, Blair mengatakan keputusan untuk menarik pasukan itu sebagai “tragis, berbahaya, dan tidak perlu.”

Blair menuduh Presiden AS Joe Biden membuat keputusan di belakang “slogan politik bodoh tentang mengakhiri ‘perang selamanya’ itu.”

Berbicara pada hari Minggu (22/8) sebagai tanggapan atas serangan pedasnya terhadap penarikan pasukan AS, dia memperingatkan “ancaman Islamis masih ada di sana.”

Balir mengatakan bahwa jalan keluar itu bukan untuk kepentingan Barat atau Afghanistan, karena Taliban menegaskan kembali kekuasaannya di sebagian besar negara itu.

Dia membela pernyataannya, dengan mengatakan, “Kebijakan tidak dapat diputuskan oleh slogan. Kebijakan harus diputuskan berdasarkan strategi, dan itu hal yang berbeda. Itulah maksud dari apa yang saya katakan.” [lt/jm]

Penarikan Pasukan AS Kacau, Tekan Dukungan bagi Joe Biden
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:46 0:00

Lihat komentar (8)

XS
SM
MD
LG