Tautan-tautan Akses

Mantan PM Haiti akan Ikut Pemilu Presiden


Jacques Edouard Alexis menyerahkan dokumen-dokumen pendaftaran pemilu di kantor pusat pemilu di Port-au-Prince.

Seorang mantan PM Haiti yang dipecat parlemen pada tahun 2008 telah mengajukan pencalonan dirinya untuk pemilu presiden Haiti 28 November mendatang.

Jacques Edouard Alexis menyerahkan dokumen-dokumennya di kantor pusat pemilu di Port-au-Prince sebelum periode pendaftaran ditutup pada hari Sabtu.

Alexis telah dua kali menjabat sebagai PM dibawah pemerintahan Presiden Rene Preval yang akan segera mengakhiri masa jabatannya. Para legilastor Haiti memaksa Alexis untuk mundur pada tahun 2008 setelah ia dituduh bertanggungjawab atas demonstrasi kekerasan yang dipicu kenaikan harga pangan di negara yang miskin itu.

Ketua Partai Persatuan yang berkuasa – partai dari Presiden Preval – mengatakan kepada kantor berita Associated Press, presiden itu tidak mendukung Alexis untuk pemilu. Senator Joseph Lambert mengatakan, Preval malah mendukung Jude Celestin, pimpinan perusahaan konstruksi utama milik pemerintah.

Calon lain yang menarik perhatian untuk pemilu presiden adalah bintang hip-hop Haiti yang sudah lama tinggal di Amerika, yang telah menyerahkan pencalonan dirinya Kamis lalu.

XS
SM
MD
LG