Tautan-tautan Akses

Mantan PM Australia: Hilangnya MH370 Pembunuhan Massal oleh Pilot


Mural pesawat MH370 di Shah Alam, luar Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: dok).

Mantan PM Australia Tony Abbott mengatakan sejumlah pejabat tinggi Malaysia meyakini, kasus hilangnya pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 hampir enam tahun lalu sebagai kasus pembunuhan massal lewat aksi bunuh diri yang dilakukan pilot pesawat itu.

Mantan PM Australia, Tony Abbott. (Foto: dok).
Mantan PM Australia, Tony Abbott. (Foto: dok).

Berbicara melalui sebuah program dokumenter yang ditayangkan Sky News pada Rabu dan Kamis, Abbot, yang pernah bekerjasama dengan Malaysia mengoordinasikan usaha pencarian pesawat itu mengatakan, sejumlah pejabat tinggi Malysia meyakini, pilot berpengalaman Zaharie Ahmad Shah dengan sengaja menjatuhkan pesawat itu di sekitar Samudera Hindia, menewaskan seluruh 239 penumpang dan awak dalam penerbangan mereka dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Abott mengatakan, “Saya tidak akan mengungkapkan siapa berbicara kepada siapa. Tapi biarkan saya menegaskan kembali pernyataan mereka. Saya ingin segala sesuatunya menjadi sangat jelas. Ada pemahaman di kalangan sejumlah pejabat tinggi (pemerintahan Malaysia, red) bahwa insiden itu merupakan aksi pembunuhan lewat bunuh diri yang dilakukan oleh pilot.”

Menanggapi pernyataan itu, PM Malaysia Najib Razak mengatakan kepada portal berita online "Free Malaysia Today", kemungkinan pilot pesawat tersebut melakukan bunuh diri memang hingga saat ini belum dihapuskan. Namun, katanya, sungguh tidak adil dan tidak bertanggung jawab menuding Zaharie sementara kotak hitam pesawat itu belum ditemukan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG