Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Ketua Kampanye Trump Hadapi Tambahan Tuntutan Pidana


Paul Manafort, mantan ketua tim kampanye Presiden Donald Trump meninggkalkan gedung pengadilan federal di Washington, 6 November 2017.

Jaksa penyidik khusus yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilu Amerika pada 2016, Robert Mueller, Jumat (8/6/2018), meningkatkan tekanan terhadap mantan ketua kampanye Presiden Donald Trump, Paul Manafort.

Mueller mengajukan beberapa tuntutan pidana tambahan terhadap Manafort dan rekan lamanya dengan dakwaan berusaha memengaruhi beberapa saksi potensial.

Dakwaan baru itu menuduh Manafort, 69 tahun, dan Konstantin Kilimnik, 48 tahun, dengan sengaja membujuk dua orang yang tidak diungkap identifikasinya dengan tujuan memengaruhi, menunda, atau mencegah kesaksian mereka. Kontak dilakukan antara Februari dan April tahun ini.

Keduanya didakwa dengan tuduhan “konspirasi untuk menghalangi keadilan” dan tuduhan “menghalangi keadilan.” Manafort sudah menghadapi lima tuduhan pidana terkait upaya lobi yang dilakukannya untuk pemerintah Ukraina waktu itu.

Kilimnik, yang menjalankan kantor konsultasi politik Manafort cabang Kyev menjadi orang ke-20 yang didakwa oleh Mueller, yang menyelidiki apakah kampanye Trump berkolusi dengan Rusia untuk memengaruhi hasil pemilu. [ds/vm]

XS
SM
MD
LG