Tautan-tautan Akses

AS

Penyidik Khusus Mueller Tuduh Manafort Berusaha Pengaruhi Saksi


Paul Manafort, mantan manajer kampanye Presiden Amerika Donald Trump, meninggalkan gedung pengadilan usai sidang dengar pendapat di Washington D.C, 23 Mei 2018. (Foto: dok).

Para penyidik yang bekerja untuk penyidik khusus Robert Mueller mengatakan mantan manajer kampanye Presiden Amerika Donald Trump, Paul Manafort, melakukan beberapa upaya untuk mempengaruhi saksi sehubungan dengan kasus kriminalnya yang sedang diselidiki.

Dalam surat tuduhan itu yang diajukan ke pengadilan hari Senin (4/6), para penyidik mengatakan Manafort dan seorang rekanan “berulang kali” menghubungi dua saksi untuk berusaha mempengaruhi kesaksian mereka. Kontak terjadi pada Februari, tidak lama setelah adanya dakwaan oleh dewan juri terhadap Manafort.

(Mantan) Direktur FBI Robert Mueller (Foto: dok).
(Mantan) Direktur FBI Robert Mueller (Foto: dok).

Mueller meminta hakim yang mengawasi kasus tersebut untuk mencabut atau merevisi pembebasan pra-persidangan bagi Manafort, yang dapat menyebabkannya masuk penjara.

Mueller, yang sedang menyelidiki kemungkinan terjadinya kolusi antara kampanye Trump dan Rusia, telah menuntut Manafort di pengadilan federal di Virginia dan Washington D.C. atas sejumlah tuduhan, termasuk pencucian uang, gagal mendaftar sebagai agen asing dan penipuan bank dan pajak. Manafort menyatakan dirinya tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan itu. [lt]

XS
SM
MD
LG