Tautan-tautan Akses

Manfaat Pelacakan Kinerja Atlet secara 'Waktu Nyata'


Perangkat pelacak tingkat kebugaran kini semakin kecil dan atlet mendapatkan manfaat dari pelacak kebugaran 'waktu nyata' (foto: ilustrasi).

Ketika perangkat pelacak tingkat kebugaran semakin kecil, klub-klub olahraga profesional yang lebih canggih melihat manfaat pelacakan kinerja atlet secara waktu nyata (real-time), atau langsung melihat waktu sebenarnya. Klub sepakbola di Inggris menguji piranti ringan yang mudah dipakai, yang bisa mengukur lebih dari sepuluh hal berbeda.

Para pemain tim sepakbola West Bromwich Albion sedang berlatih mengenakan sebuah rompi dengan kantung kecil di bagian belakang yang dipasangi pelacak kebugaran canggih.

“Di dalam unit pelacak ini ada sebuah akselerator, GPS, magnetometer dan gyroscope. Semua ini memberi kita informasi berbeda tentang gerakan para pemain sepakbola dalam sesi latihan tersebut,” kata Matthew Green, pelatih kebugaran.

Informasi yang dikirim ke sebuah laptop di pinggir lapangan mencakup jarak yang ditempuh masing-masing pemain, kecepatan lari, berapa kali mereka mengubah arah, tingkat percepatan dan perlambanan, dan detak jatung; yang semuanya mencapai hingga 1.000 data per detik.

“Ini memungkinkan kami berdiskusi secara real-time dengan para pelatih, dalam hal bagaimana caranya supaya sesi latihan itu memberi kemajuan, apakah sesi latihan itu sudah sesuai yang direncanakan, dan lain-lain. Jika tidak, apakah kita perlu lebih lama berlatih, atau apakah kita perlu mengubah latihan dan mungkin mempersingkat latihan dibanding yang direncanakan sebelumnya,” ujar Green.

Alih-alih mengandalkan satelit GPS, posisi para pemain dihitung lewat sistem penerimaan yang ditempatkan di sekitar lapangan.

Untuk saat ini, para atlet mengenakan piranti itu hanya pada saat latihan, tetapi para pelatih sedang mempertimbangkan supaya para atlet bisa mengenakannya saat pertandingan berlangsung.

“Saya pikir ketika unit itu berevolusi, Anda akan melihatnya menjadi sesuatu yang biasa digunakan para atlet dalam pertandingan. Beberapa klub akan melakukan hal ini, tetapi tidak di Liga Primer,” tambah Green.

Mengingat selisih perbedaan waktu di antara atlet profesional terkemuka sangat kecil, memiliki data real-time atas setiap atlet akan membantu pelatih membuat keputusan penting pada saat-saat paling dramatis dalam sebuah pertandingan. [em/al]

XS
SM
MD
LG